-->

#17 CASH RECEIPTS JOURNAL


JURNAL PENERIMAAN KAS

Seluruh transaksi yang melibatkan penerimaan kas dicatat di jurnal penerimaan kas (cash receipts journal).

Jurnal penerimaan kas untuk SolusiNet pada tampilan di bawah ini memiliki kolom Dr. Kas. Jenis transaksi ketika kas diterima dan seberapa sering penerimaan kas terjadi, menentukan nama kolom lainnya. Untuk SolusiNet, sumber kas yang paling sering diterima berasal dari pembayaran piutang pelanggan. Oleh karena itu, jurnal penerimaan kas memiliki kolom Cr. Piutang Usaha.

Sebagai contoh, pada tanggal 19 Maret, SolusiNet menerima pembayaran sebesar Rp3.400.000 dari Web Carita. Transaksi ini dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas dengan memasukkan pos berikut:
  1. Kolom Tanggal: Mar. 19
  2. Kolom Akun Dikredit: Web Carita
  3. Kolom Cr. Piutang Usaha: Rp3.400.000
  4. Kolom Dr. Kas: Rp3.400.000


Kolom Cr. Akun Lainnya digunakan untuk mencatat kredit untuk akun apa pun yang tidak memiliki kolom kredit khusus. Sebagai contoh, SolusiNet menerima kas pada tanggal 1 Maret untuk sewa. Karena tidak ada kolom khusus untuk Pendapatan Sewa, SolusiNet memasukkan Pendapatan Sewa dalam kolom Akun Dikredit. Jadi, transaksi ini dicatat di jurnal penerimaan kas dengan memasukkan pos berikut:
  1. Kolom Tanggal: Mar. 1
  2. Kolom Akun Dikredit: Pendapatan Sewa
  3. Kolom Cr. Akun Lainnya: Rp400.000
  4. Kolom Dr. Kas: Rp400.000


Pada akhir bulan, seluruh kolom jumlah ditotal. Jumlah sisi debit harus sama dengan kredit. Jika debit dan kredit tidak sama, sebuah kesalahan telah terjadi. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, kesalahan harus ditemukan dan dikoreksi.


ON GOING) 

Referensi:
  1. Warren, C. S., J. M. Reeve, dan J. E. Duchac. 2018. Accounting 27e. South-Western, Cengage Learning.
  2. Warren, C. S., J. M. Reeve, J. E. Duchac, E. T. Wahyuni, dan A. A. Jusuf. 2017. Pengantar Akuntansi 1 – Adaptasi Indonesia. Edisi 4. Penerbit Salemba Empat.
Image Courtesy of:
>> https://pexels.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "#17 CASH RECEIPTS JOURNAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel