-->

HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2017: Connecting People to Nature



Look deep into nature, and then you will understand everything better.” – Albert Einstein.

Tanggal 5 Juni selama lebih dari 45 tahun atau sejak tahun 1972 selalu menjadi hari yang menyatukan dunia melalui berbagai aksi kepedulian dan kecintaan untuk menjadi bagian yang ikut merawat dan melindungi bumi, the only place for us to live.

Di hari ini, yang diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momen bersama untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan, mendorong perhatian dan tindakan dunia, serta sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian dari aksi global dalam menyuarakan perlindungan terhadap bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Setiap tahunnya dipilih negara yang akan menjadi pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini. Negara tersebut kemudian akan menetapkan sebuah tema, di mana untuk tahun 2017 ini dipilihkan Kanada, dan ditetapkan “Connecting People to Nature” sebagai tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017.

Melalui tema ini kita diminta untuk banyak melakukan aktifitas di luar: mengunjungi pantai, taman, kebun raya, taman nasional dan kawasan konservasi lainnya, sungai, gunung, danau, dan bentang alam lainnya. Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan kita dengan alam, dapat lebih merasakan keindahannya, kepentingannya, sehingga tergerak untuk menyuarakan betapa perlunya secara kolektif bersama-sama menjaga, merawat, dan melindungi bumi yang kita berbagi bersama tinggal dan hidup di dalamnya.

Saat mengunjungi taman atau kebun raya misalnya, atau gunung, sungai, dan danau, tidak ada salahnya untuk melihat atau memperhatikan lebih dekat, hewan, tumbuh-tumbuhan, kupu-kupu J. Rekam apa yang dilihat. Bagikan foto diri atau apa yang ditemukan. Tag ke laman-laman peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sehinggakan dapat mendorong lebih banyak lagi untuk melakukan hal yang sama.

Connecting People to Nature bisa melibatkan semua sensasi fisik. Lepaskan sepatumu, biarkan kaki dan tanganmu kotor. Jangan hanya melihat indahnya danau, terjun! Haha. Lakukan perjalanan di subuh hari, bebaskan telingamu, aktifkan dengan lebih dalam indera penciumanmu, nikmati sensasi dan pengalaman bersatu dengan alam.

To walk in nature is to witness a thousand miracles.” – Mary Davis.

Di mana pun kamu berada, kamu bisa membuat sebuah tekad atau resolusi pribadi, untuk ikut aktif menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan, bisa dengan gerakan sapu halaman atau gerakan pungut 10 s.d 100 sampah. Aktifitas ini tidak hanya terkhusus pada hari ini, 5 Juni, PBB sendiri sebagai contoh, menyiapkan berbagai bentuk kegiatan, kompetisi, kuis online, untuk menyemarakkan peringatan hari ini.

Di era smartphone dan di antara banyaknya gangguan oleh kehidupan modern, Connecting People to Nature bisa jadi lebih tidak mudah untuk dicapai, dan semangat menghubungkan diri dengan alam ini bisa jadi akan lebih cepat berlalu. Namun dengan bantuanmu, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia akan menjadi lebih bermakna, bahwa kita membutuhkan keselarasan di antara kehidupan kemanusiaan dan alam, sehingga kedua-duanya terbangun keterikatan untuk saling menjaga (selama ini kita dijaga oleh alam, maka selalu jagalah ia), menyuburkan, menyelamatkan.

Pesan dari UN for World Environtment Day untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia hari ini:

On 5 June, go outside and show us that you’re #WithNature. Breathe in the beauty and remember that by keeping our planet healthy, we keep ourselves healthy too.”

I’m with Nature. Are you? #WithNature.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2017: Connecting People to Nature"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel