-->

TANGGAPAN TERHADAP INFORMASI APBN 2019



Pada 31 Oktober 2018 di Jakarta, dalam Rapat Paripurna, DPR RI resmi mengesahkan APBN Tahun Anggaran 2019 menjadi UU. APBN 2019 bertujuan untuk mendukung investasi dan daya saing Indonesia dengan fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Tema besar APBN 2019 adalah "Sehat, Adil, dan Mandiri". Sehat artinya APBN memiliki defisit yang semakin rendah dan keseimbangan primer menuju positif. Adil karena APBN digunakan sebagai instrumen kebijakan meraih keadilan, menurunkan tingkat kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan mengatasi disparitas antarkelompok pendapatan dan antarwilayah. Dari sisi kemandirian, APBN 2019 dapat dilihat dari penerimaan perpajakan yang tumbuh signifikan sehingga memberikan kontribusi dominan terhadap pendapatan negara serta mengurangi kebutuhan pembiayaan yang bersumber dari utang. Dengan APBN yang Sehat, Adil, dan Mandiri diharapkan kebijakan fiskal akan mampu merespon dinamika volatilitas global, menjawab tantangan, dan mendukung pencapaian target-target pembangunan secara optimal.

Informasi APBN 2019 dapat dilihat pada link berikut: https://www.kemenkeu.go.id/apbn2019

Sampaikan tanggapanmu terkait Informasi APBN 2019 tersebut di kolom komentar. Bagikan semangat positif, optimismemu untuk kemajuan Indonesia, dan sumbangsih sederhana yang menyatakan diri sebagai warga negara yang baik.


Image Courtesy of: 
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3681351/sri-mulyani-apbn-2019-gambarkan-optimisme-tapi-tetap-hati-hati   

Berlangganan update artikel terbaru via email:

16 Responses to "TANGGAPAN TERHADAP INFORMASI APBN 2019"

  1. Tugas Perpajakan
    Mochammad Rifqi Fatwa
    Manajemen 3
    NIM 17011004

    https://pokilmu.blogspot.com/2018/12/apbn-2019-anggaran--adil-sehat-dan.html

    ReplyDelete
  2. Tugas Perpajakan
    Nurmalasari
    17021002

    Melihat dari hal ini mencerminkan bahwa komitmen kuat dari pemerintah tidak hanya mengedepankan pembangunan bagi generasi saat ini tetapi juga mempersiapkan fondasi bagi perbaikan generasi mendatang.
    Sementara itu upaya menghadirkan APBN yang ditandai dengan semakin optimalnya penerimaan perpajakan yang didorong dapat tumbuh melebihi pertumbuhan alaminya, upaya untuk mendorong peningkatan ekspor dengan berbagai sisi kebijakan program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor.
    APBN 2019 diarahkan untuk mendorong investasi dan daya saing dengan fokus penyehatan fiskal dan kebijakan fiskal untuk mendorong investasi dan daya saing ekspor.
    Dalam konteks penyehatan fiskal ditempuh dengan mendorong agar APBN lebih produktif untuk mendukung pencapaian target, efisien pemanfaatan sumber daya, serta berdaya tahan dalam ketidakpastian dan mampu mengendalikan risiko.
    Sedangkan upaya mendorong investasi dan daya saing ekspor ditempuh dengan melakukan suatu program dan memberi kemudahan, perbaikan pelayanan publik serta dukungan fiskal untuk investasi dan peningkatan ekspor.
    Merancang belanja yang efektif dan produktif dengan harapan setiap rupiah yang dibelanjakan masyarakat kepada negara akan memberi manfaat yang nyata bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat sekaligus mampu memperbaiki perekonomian negara.

    Postur RAPBN 2019 masih ekspansif dan terukur, melalui arsitektur APBN yang sehat,adil dan mandiri merupakan ikhtiar sekaligus hadiah terindah yang diharapkan menjadi jawaban untuk atas mimpi-mimpi indah seluruh rakyat Indonesia, yaitu sebuah bangsa yang gemah ripah loh jinawi, serta menjunjung tinggi nilai moral pribadi untuk memajukan negara Indonesia dan sangat diharapkan sekali dengan adanya rencana APBN 2019 ini bisa bangsa Indonesia akan terus berjuang mempertahankan hak hak yang semestinya ada untuk bangsa Indonesia,selalu positif thinking karena kita semua tidak tahu kedepannya seperti apa setidaknya kita sudah ada rencana bagaimana cara untuk meningkatkan mutu bangsa Indonesia dipandang oleh negara luar. Bahwa kita memang bisa bangkit dan akan lebih maju dari negara negara asing, sangat setuju sekali dengan rencana pemerintah diatas saya selaku mahasiswa generasi penerus bangsa ini akan terus berjuang demi menyejahterakan negara Indonesia ini karena kalo bukan kita siapa lagi yang akan memajukan negara ini.

    Sumber:
    https://m.bisnis.com/finansial/read/20180825/10/831423/opini-apbn-yang-sehat-adil-mandiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu pemerintah dengan berupaya maksimal memanfaatkan apa yang telah dibangun ya. Saat ini secara kuantitas belum banyak yang dapat kita berikan untuk negara, namun memantapkan kualitas diri itu yang dapat kita berikan.

      Delete
  3. Siti Asgina Fauziah
    Administrasi Bisnis
    17031009

    Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari - 31 Desember).
    Berdasarkan hasil sidang, pengesahan APBN 2019 dengan tema "Sehat, Adil, dan Mandiri" perlu disambut positif oleh masyarakat. Optimisme yang dibangun oleh pemerintah dan APBN yang dialokasikan sedemikian rupa dengan berbagai pertimbangan perlu dimanfaatkan oleh kita sebagai masyarakat yang menjadi objek dari aliran dana tersebut.
    Bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah melalui APBN 2019 dapat ditunjukkan dengan berbagai cara, salah satunya sebagai mahasiswa yang berkecimpung di dunia pendidikan dan mendapatkan anggaran 20% dari APBN tentu menjadi tanggung jawab tersendiri sebagai bentuk timbal balik. Kesungguhan belajar yang tercermin dari berbagai prestasi dan karya dalam berbagai bidang adalah salah satu cara sebagai mahasiswa untuk berkontribusi membangun negeri dan sebagai bukti bahwa besarnya dana yang dianggaran tidak mengalir begitu saja tanpa bukti yang nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mahasiswa!! Semangat generasi muda penerus pembangunan bangsa!!

      Delete
  4. Seli Nurdianti (17021001)
    Akuntansi 3


    Kata APBN tentunya sudah tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia, karena setiap tahunnya akan ada informasi mengenai APBN.
    APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh DPR. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari - 31 Desember). APBN, perubahan APBN, dan pertanggungjawaban APBN setiap tahun ditetapkan dengan UU. APBN mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi. Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban negara dalam suatu tahun anggaran harus dimasukkan dalam APBN.
    Di tahun 2019 APBN mempunyai tema yang sangat singkat namun memiliki arti dan makna yang berbeda dan saling berkaitan antara satu sama lain. Tema besar APBN Tahun Anggaran 2019 adalah “Adil, Sehat, dan Mandiri”.
    Tema besar tersebut harus disambut baik oleh masyarakat sehingga akan berdampak positif bagi kemajuan dan perkembangan bangsa Indonesia. Pendapatan negara salah satunya yang di dapat dari penerimaan pajak, penerimaan negara bukan pajak harus di dukung oleh masyarakat. Hal ini agar tercipta dan terwujudnya APBN 2019 yang adil, sehat, dan mandiri.
    Selain itu kita sebagai masyarakat harus memanfaatkan anggaran yang telah dipercayai untuk kita. Adapun bentuk anggaran tersebut antara lain Anggaran pendidikan, anggaran kesehatan, dan anggarana infastruktur.

    ReplyDelete
  5. Trisa Inna F
    Akuntansi (17021005 )

    APBN 2019 dengan tema Adil, Sehat, dan Mandiri memiliki arti besar dalam setiap katanya. Melihat dari laporan yang tersedia, menunjukkan sebuah perkembangan yang baik, devisit negara yang hampir mendekati nol menjadi tanda bahwa penerimaan pajak meningkat.
    hal ini juga karena mendapat sambutan baik dari masyarakat dengan kesadaran mereka dalam membayar pajak. melihat alokasi anggaran untuk pendidikan cukup besar terlebih beasiswa membuat kesenangan dan kebanggaan tersendiri untuk pelajar karena adanya perlakuan istimewa pemerintah untuk masyarakat dalam meraih ilmu. serta perbaikan infastruktur bidang pendidikan membuat bangga karena menambah kenyamanan dalam belajar.

    untuk itu, sebagaimana dana itu dialirkan dan digunakan haruslah di pertanggung jawabkan dengan baik oleh yang menerimanya dan melaksanakan apa yang di amanahkan. sebagai mahasiswa, belajar dengan baik adalah wujud tanggung jawab dalam mengemban amanah, berprestasi dan berkarya yang menjadi bukti membangun negeri.

    ReplyDelete
  6. Tiara cantika putri
    Manajemen (17011007)
    Akhir Oktober 2018 kemarin, setelah melalui pembahasan yang cukup panjang, RAPBN 2019 akhirnya disetujui menjadi undang-undang. Dengan RAPBN yang telah disetujui rencananya tahun 2019, Pemerintah akan memberikan 471,8 ribu mahasiswa melalui beasiswa bidik misi. Serta dalam periode 2014-2019, Pemerintah juga melakukan investasi melalui LPDP dengan memberikan beasiswa kepada sekitar 27 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri, serta membiayai 123 kontrak riset terpilih. Oleh karena itu dengan sudah terencananya anggaran pemerintah yang akan diberikan kepada siswa dan mahasiswa, baiknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar cita-cita bangsa Indonesia dapat tercapai melalui kita sebagai kaum terpelajar agar menjadi SDM yang unggul supaya ekonomi di Indonesia kedepannya dapat semakin baik lagi.
    Sementara itu di sisi lain dalam pengelolaan ekonomi juga masih menghadapi berbagai tantangan yang perlu direspon, seperti daya saing yang perlu ditingkatkan, melalui penguatan kualitas sumber daya manusia, mengejar ketertinggalan infrastruktur, perbaikan iklim investasi dan penguatan ekspor. Untuk itu, APBN perlu didorong agar lebih baik dalam prespektif jangka pendek, menengah maupun panjang. Selaras dengan hal tersebut maka RAPBN 2019 menghadirkan APBN yang “Sehat, Adil dan Mandiri”.
    APBN yang sehat terefleksi dari defisit yang relatif rendah namun tetap produktif untuk pertumbuhan, keseimbangan primer menuju positif, dan rasio utang yang tetap terkendali dalam batas aman. Sedangkan makna APBN yang adil ditunjukan dengan semakin berimbangnya keuangan pusat dan daerah yang terefleksi semakin tingginya transfer ke daerah dan dana desa, semakin besarnya komitmen pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan. Sementara itu APBN yang mandiri ditandai dengan semakin optimalnya penerimaan perpajakan yang didorong dapat tumbuh 15% melebihi pertumbuhan alamiahnya.
    Mengingat akan memasuki tahun politik dan gejolak ekonomi yang akan meningkat di tahun 2019, berbagai penyesuaian harus dilakukan agar mendapatkan angka pendapatan dan belanja negara yang akurat. Melalui tema APBN yang sehat,adil dan mandiri menjadi harapan seluruh rakyat Indonesia, untuk menjadi bangsa yang maju dalam segala sektor.

    ReplyDelete
  7. Menurut saya hasil informasi APBN 2019 ini sangat mengejutkan. Pasalnya bisa dilihat dari hasil asumsi dasar ekonomi makro nilai tukar RAPBN sebesar 14.400 T dan pada saat APBN meningkat menjadi 15.000 T. Dari hasil penerimaan perpajakan dari tahun ketahunpun terus meningkat dengan target ditahun 2019pun sebesar 1.786,4T. Pertumbuhan penerimaan negara bukan pajak meskipun setiap tahunnya terjadi pasang surutnya namun ditahun 2019 penerimaan tersebut ditargetkan sebesar 378,3 T peningkatan tersebut meningkat sebesar 8,3% dari penerimaan sebelumnya. Anggaran dana pendidikan, kesehatan dan infrastruktur setiap tahunnya terjadi peningkat bahkan ditahun 2019 ditargetkan sebesar 4.92,5 T, 123,1 T dan 415,0 T. Alokasi 2019 tranfer ke daerah dan dana desa (TKDD) mengalami pertumbuhan yang pesat yaitu pada tahun 2019 ditargetkan sebesar 8,3% yang mana 757,8 T transfer ke daerah dan 70 T untuk dana desa. Untuk menutup defisit APBN tahun 2019, pembiayaan anggaran sebesar 296,0 T aatau turun hingga 5,8% dari APBN tahun 2018. Defisit anggaran dan keseimbangan primen APBN 2019 ditargetkan sebesar 296,0 T yang mana rasio tersebut merupakan defisit APBN dan keseimbangan primen yang terendah sejak tahun 2013. Seperti tema besar yang diusung APBN 2019 yaitu "sehat, adil dan mandiri", semoga pemerintah bisa benar benar merealisasikan target APBN ini di tahun 2019 nanti.

    Sumber: https://www.kemenkeu.go.id/apbn2019

    ReplyDelete
  8. CIca Julian Maulida
    Tugas perpajakan

    Sederhananya, APBN adalah suatu daftar yang secara sistematis memuat dua hal pokok yaitu sumber penerimaan negara dan alokasi pengeluaran negara dalam jangka waktu tertentu yang umumnya dibuat dalam satu tahun. Pendapatan negara bisa pemerintah peroleh dari berbagai hal, seperti pajak maupun pinjaman. Pinjaman juga beda-beda, ada yang langsung seperti pinjaman dari negara luar atau pinjaman berupa penerbitan surat utang negara. Surat utang ini pemerintah terbitkan dan ditawarkan kepada umum, bisa masyarakat Indonesia atau pun warga asing. Nanti, setiap pemilik surat utang negara mendapat bunga dari setiap uang yang disetor.
    Pada tahun 2019 tema besar APBN adalah “Adil, Sehat, dan Mandiri”. Sehat artinya APBN memiliki defisit yang semakin rendah dan keseimbangan primer menuju positif. Adil karena APBN digunakan sebagai instrumen kebijakan meraih keadilan, menurunkan tingkat kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan mengatasi disparitas antarkelompok pendapatan dan antarwilayah. Pembiayaan APBN 2019 akan dilaksanakan secara hati-hati dan risiko yang terukur. Kesehatan dan kemandirian APBN 2019 dicerminkan dengan keseimbangan primer yang semakin kecil menuju nol, serta defisit dan pembiayaan utang yang menurun, sehingga rasio utang terkendali dalam batas aman.
    Kita tentu ingin pemanfaatan APBN bisa dirasakan secara langsung oleh rakyat, salah satunya pemerintah bisa memanfaatkan APBN untuk peningkatan kualitas kurikulum dan pendidikan nasional berbasis Revolusi Industri 4.0. Ini sebagai wujud kehadiran dan keseriusan negara, bukan hanya sekadar berwacana namun juga kuat di implementasi pemanfaatan anggaran negara. Besarnya anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari nilai APBN harus dimanfaatkan secara tepat guna dan tepat sasaran. Salah satunya untuk mempersiapkan bangsa kita bertarung di era Revolusi Industri 4.0. Jika tidak disiapkan dari sekarang, bangsa kita akan semakin tinggal jauh.

    ReplyDelete
  9. Shilvi Aprilia Lesmana
    Akuntansi'3

    APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) merupakan rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari - 31 Desember).
    APBN 2019 dengan tema "Adil, Sehat, dan Mandiri". sehat artinya APBN memiliki defisit yang semakin rendah dan keseimbangan primer menuju positif. Adil karena APBN digunakan sebagai instrumen kebijakan meraih keadilan, menurunkan tingkat kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan mengatasi disparitas antarkelompok pendapatan dan antarwilayah. Pembiayaan APBN 2019 akan dilaksanakan secara hati-hati dan risiko yang terukur. Kesehatan dan kemandirian APBN 2019 dicerminkan dengan keseimbangan primer yang semakin kecil menuju nol, serta defisit dan pembiayaan utang yang menurun, sehingga rasio utang terkendali dalam batas aman.

    ReplyDelete
  10. Helmamulia
    Manajemen 3

    Tema besar APBN 2019 adalah "Adil, Sehat, dan Mandiri". Berdasarkan data dari mentri keuangan bahwa APBN tahun 2018 adalah penerimaan pajak melebihi APBN yang ditetapkan. Semoga saja dengan tema APBN tahun 2019, bisa mengambil contoh APBN di tahun 2018. Membeli apa yang dibutuhkan, dan meminimalisir apa yang tidak dibutuhkan sehingga APBN tidak bengkak. Dengan adanya RAPBN dan ditetapkan melalui UU, semoga masyarakan menyambut dan mendukung APBN tahun 2019. Sepertu yang dikatakan menteri keuangan Ibu Sri "tahun 2019 adalah tahun yang menunjukan ketidakpastian akan ekonomi dunia dll". Dengan cara kita memanfaatkan dan menggunakan apa yang di bangun dan di berikan oleh pemerintah kepada kita semua adalah upaya untuk membangun indonesia. Contohnya saja seperti, subsidi yang telah di berikan untuk masyarakat. Patut kita syukuri dan jaga. Semoga saja APBN 2019 bisa terlaksana sesuai dengan motonya. Amiiiin

    ReplyDelete
  11. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran dan disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Tema dari kebijakan fiskal yang akan dijalankan pemerintah di tahun 2019 adalah “APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan (investasi) sumber daya manusia,” dengan menjaga APBN agar tetap sehat, adil, dan mandiri.
    Mari sambut dengan baik rencana pemerintah untuk negara kita ini. Sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya peduli terhadap apa yang menjadi milik kita bersama. Misalnya saja fasilitas umum, jangan hanya memanfaatkan tetapi juga menjaga dengan baik apa yang telah disediakan pemerintah. Selain itu juga, kesadaran akan pentingnya membayar pajak harus tertanam dalan diri rakyat Indonesia. Karena apa yang kita berikan pada pemerintah akan kembali lagi kepada kita meskipun manfaatnya tidak dirasakan secara langsung. Begitu pula dengan dana pendidikan yang diberikan pemerintah seperti beasiswa bidik misi diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Caranya dengan belajar sungguh-sunggguh agar kelak dapat memberikan manfaat pula untuk negeri kita tercinta.
    Semoga pemerintah dapat merealisasikan tujuan-tujuan baik yang ada di dalam APBN ini. Masyarakat juga diharapkan dapat memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan mengawasi setiap rupiah yang dibelanjakan pemerintah. Mari bersama-sama membangun Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Widia
    Administrasi bisnis
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang berisi daftar sistematis. Pendapatan negara bisa dari berbagai hal misalnuya berupa pajak dan pinjaman. Pinjaman bisa dari luar maupun pinjaman berupa penerbitan surat utang negara.
    Tema yang digunakan APBN tahun 2019 "adil,sehat,mandiri" perlu kita sambut dengan baik rencana pemerintah ini, karena dengan adanya tema ini tentunya kita ingin pemanfaatan anggaran bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Salah satunya pemerintahan bisa memanfaatkan anggaran negara untuk meningkatkan kurikulum dan pendidikan nasional berbasis revolusi industri. Dan pemerintah menyediakan alokasi dana untuk beasiswa bidik misi dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu fasilitas umum semoga dapat digunakan dengan baik dan sebagaimana fungsi nya. Kita sebagai warga negara yang baik perlu mendukung adanya rencana ini, salah satunya dengan kesadaran membayar pajak tepat waktu, agar tujuan dari tema ini dapat terlaksana dengan sebagaimana mestinya. Dan bukan hanya sekedar wacana saja namun dapat di implementasikan pemanfaatan anggaran negara ini. Mari kita membangun indonesia bersama sama dalam menjalankan tugasnya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel